Kamis, 25 Agustus 2016

Penyebab Mata Katarak yang Harus Diwaspadai

Penyebab Mata Katarak yang Harus Diwaspadai,- Menurut data yang diperoleh penderita mata katarak paling banyak ditemui pada saat seseorang memasuki usia lanjut, bahwa lebih dari 90 % mereka yang berusia 65 tahun keatas menderita katarak dan sekitar 55 % mereka yang berusia 75-85 tahun keatas mengalami penurunan kemampuan penglihatan akibat dari gejala katarak. Katarak dapat diobati dan diperkecil, namun saat ini katarak masih menjadi faktor utama penyebab kebutaan di dunia.
Banyak diantara penderita penyakit mata katarak tidak menyadari bahwa dirinya mengalami gejala atau bahkan mengidap penyakit mata katarak. Gejala pada katarak berjalan begitu perlahan namun pasti akan membuat penglihatan seseorang menjadi kabur atau bahkan hilang. Seseorang baru akan mengetahui dan menyadarinya, apabila katarak tersebut telah memasuki stadium akhir setelah 3-5 tahun kemudian.

Penyebab Mata Katarak yang Harus Diwaspadai

Kebanyakan katarak berkembang ketika penuaan atau cedera perubahan jaringan yang membentuk lensa mata Anda.
Beberapa katarak terkait dengan kelainan genetik yang diwariskan yang menyebabkan masalah kesehatan lain dan meningkatkan risiko katarak. Katarak juga dapat disebabkan oleh kondisi mata lainnya, kondisi medis seperti diabetes melitus, trauma atau operasi mata masa lalu. Penggunaan jangka panjang obat steroid, juga dapat menyebabkan katarak berkembang.

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko katarak meliputi:
  • Bertambahnya usia
  • Diabetes
  • Minum alkohol berlebihan
  • Paparan berlebihan terhadap sinar matahari
  • Paparan radiasi pengion, seperti yang digunakan dalam sinar-X dan radiasi kanker terapi
  • Riwayat keluarga katarak
  • Tekanan darah tinggi
  • Kegemukan
  • Cedera mata sebelumnya atau peradangan
  • Operasi mata sebelumnya
  • Penggunaan berkepanjangan obat kortikosteroid
  • Merokok

Beberapa katarak tumbuh lebih besar atau lebih padat dari waktu ke waktu, menyebabkan berat visi perubahan.
  1. Katarak yang parah dapat menyebabkan hilangnya kemerdekaan untuk orang dewasa yang lebih tua sebagai penurunan penglihatan dapat mempengaruhi mengemudi, bekerja, membaca, atau hobi.
  2. Sementara katarak dapat menyebabkan kebutaan, hal ini jarang terjadi. Pembedahan biasanya dilakukan sebelum katarak berkembang cukup jauh untuk menyebabkan kebutaan.
  3. Sebuah tipe yang jarang dari katarak dapat menyebabkan glaukoma.
Katarak pada anak-anak yang jarang namun serius. Jika katarak mencegah cahaya masuk ke mata dan merangsang retina, area otak yang digunakan untuk penglihatan tidak berkembang dengan baik. Biasanya anak tidak akan melihat dengan baik dengan mata (amblyopia), bahkan jika katarak tersebut kemudian dihapus.

Pencegahan Katarak
Tidak ada penelitian telah membuktikan bagaimana mencegah katarak atau memperlambat perkembangan katarak. Namun, dokter berpikir beberapa strategi mungkin membantu, termasuk:
  1. Memiliki pemeriksaan mata secara teratur. Pemeriksaan mata dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap awal mereka. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus memiliki pemeriksaan mata.
  2. Berhenti merokok. Tanyakan kepada dokter Anda untuk saran tentang cara untuk berhenti merokok. Obat herbal mata katarak, konseling dan strategi lain yang tersedia untuk membantu Anda.
  3. Mengurangi penggunaan alkohol. Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak.
  4. Memakai kacamata hitam. Sinar ultraviolet dari matahari dapat berkontribusi terhadap perkembangan katarak. Memakai kacamata hitam yang menghalangi ultraviolet B (UVB) sinar ketika Anda berada di luar ruangan.
  5. Mengelola masalah kesehatan lainnya. Ikuti rencana perawatan Anda jika Anda memiliki diabetes atau kondisi medis lain yang dapat meningkatkan risiko katarak.
  6. Menjaga berat badan yang sehat. Jika saat ini Anda memiliki berat badan yang sehat, bekerja untuk mempertahankan itu dengan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, bekerja untuk menurunkan berat badan secara perlahan dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan jumlah latihan yang Anda dapatkan setiap hari.
  7. Pilih diet sehat yang meliputi banyak buah-buahan dan sayuran. Menambahkan berbagai buah-buahan dan sayuran berwarna-warni untuk diet Anda memastikan bahwa Anda mendapatkan banyak vitamin dan nutrisi. Buah dan sayuran memiliki banyak antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar