Jumat, 02 September 2016

10 Rahasia Menjaga Mata Agar Tetap Sehat dan Bening

10 Rahasia Menjaga Mata Agar Tetap Sehat dan Bening - Pandangan pertama adalah awal yang menentukan dari hubungan pertemanan, maupun hubungan keseharian Anda dengan orang lain. Dan mata, bakal menjadi salah satu pusat perhatian seseorang apabila pertama kali berjumpa dengan orang baru dikenal. Pandangan mata memang dapat membuat seseorang menjadi tertarik, atau malah risih pada anda.

Akan amat mengasyikkan tentunya melakukan perbincangan dengan seseorang yang mempunyai tatapan mata indah dan sehat. Demikian sebaliknya, pasti Anda akan tidak merasa nyaman bila Anda mesti bertemu dan bercakap-cakap dengan seseorang sementara kesehatan mata Anda sedang terganggu.

Diantara pemicu kondisi mata yg tidak sehat adalah polusi, alergi debu, dan mata yang kering. Rata-rata mata akan terlihat merah, pembuluh darah dalam mata terlihat jelas memerah, bengkak, mata kekuningan, serta berair. Hal yang sepele dan sangat jarang kita sadari membuat mata kita jadi lelah seperti membaca di tenpat gelap atau kurang cahaya, menonton Tivi dengan jarak yang terlampau dekat, Membaca sambil berkendara naik mobil. Oleh karena itu sedapat mungkin anda hindari atau mengurangi rutinitas kebiasaan di atas.

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat dan Indah

Akan tetapi janganlah cemas. Bila Anda mau menyelesaikan permasalahan tersebut dan ingin mata Anda terlihat jernih dan sehat, solusinya sederhana saja cukup dengan menerapkan tips merawat mata berikut ini.

1. Tidur Secukupnya
Semua bagian tubuh kita memerlukan istirahat sesudah bekerja seharian, termasuk juga mata kita. Dengan tidur secukupnya (sekitar 6-8 jam perhari) berarti anda telah memberikan istirahat yang baik pada mata anda. Perlu anda cermati juga durasi dan kwalitas tidur anda lantaran sangatlah berpengaruh pada mata. Kurang tidur atau tidur tak lelap dapat membuat mata indah anda tampak kusam serta tak segar.

2. Minum air putih yang cukup
Minumlah air putih yang cukup sekitar 8 gelar perhari. Dengan minum air putih yang cukup dapat memberi kemilau pada mata secara alami. Apabila tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, maka bakal membuat pancaran mata Anda terlihat lesu, sayu, serta kering.

3. Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan yang sehat yang memiliki kandungan vitamin A sangatlah diperlukan untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan agar mata terus sehat serta indah. Misal makanan yang kaya akan vitamin A, seperti Pepaya, wortel dan Bayam.

4. Menggunakan cream Mata
Cream mata juga perlukan untuk menyegarkan mata anda yang mengalami kelelahan. Selain benar-benar efektif untuk menyingkirkan lingkaran gelap dibawah mata anda, krim mata dapat pula melawan kerutan yang mulai nampak di sekitar mata. Manfaatkanlah cream mata secara teratur untuk melindungi kecantikan mata anda.

5. Mengompres dengan handuk dingin
Untuk menangani mata yang terasa gatal serta merah, Anda dapat mencoba dengan tips dengan kompres dengan handuk dingin. Celupkan handuk kecil ke air dingin, selanjutnya kompres mata sampai handuknya terasa hangat. Ulangilah sampai gatalnya mereda.

6. Membersihkan dengan air dingin
Bilaslah mata dengan air dingin beberapa kali dalam satuhari. Tips ini berguna untuk melembabkan serta merilekskan mata dan menanggulangi mata lelah.

7. Kompres Strowbery untuk mata penat
Ambillah beberapa biji buah strowbery selanjutnya taruhlah didalam lemari pendingin selama beberapa menit. Kemudian letakkan pada kelopak mata. Tips ini cukup manjur mengatasi mata yang lelah.

8. Kompres mentimun
Kompres mentimun merupakan tips tepat guna untuk mengembalikan rasa segar pada mata anda. Caranya potong buah mentimun bundar selanjutnya tempatkan pada mata sekitar 10 menit.

9. Sendok dingin untuk mata bengkak
Taruhlah sendok ke dalam kulkas selama beberapa menit lalu waktu masih dingin, tepuk-tepuk area sekitar mata yang bengkak. Mata bengkak Anda bakal mengempes serta segar kembali.

10. Kantong Teh
Therapy mata dengan teh efektif untuk mengurangi lingkaran hitam, bengkak, dan kurangi kelelahan pada mata. Caranya, didihkan air dalam dalam panci, serta bikinlah teh sebanyak 2 kantong teh celup. Selanjutnya dinginkan kurang lebih 10 menit. Kemudian letakkan kantong teh pada kelopak mata selama 10 menit hingga mata terasa rileks.

Baca Juga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar